Monday, September 19, 2011

Menggunakan Fungsi Drafted Filleted Pad di Catia V5R20


Pada tutorial kali ini kita akan belajar menggunakan fungsi "Drafted Filleted Pad" pada Catia V5R20. "Drafted Filleted Pad" pada Catia berfungsi untuk membuat model 3D yang langsung ter-draft dan ter-fillet. Jadi, jika kita bertemu dengan bentukan 3D yang memiliki draft angle dan fillet disekelilingnya, kita tidak perlu mejalankan fungsi "Pad", "Draft Angle", dan "Edge Fillet" satu per satu. Berikut tutorialnya:

  1. Buka aplikasi Catia.
  2. Buka file Drafted Filleted Pad.CATPart melalui menu [File]>{Open...]. Adapun file ini dapat anda download disini.



  3. Setelah file-nya terbuka, klik icon Sketch pada toolbar "Sketcher" lalu klik permukaan atas dari model 3D-nya untuk penentukan plane sketching.



  4. Masuk ke Sketcher Workbench, klik icon Centered Rectangle, klik titik pusat dari model 3D-nya, lalu klik lagi disekitar kanan atasnya untuk membentuk profil centered rectangle.




  5. Beri dimensi 50x50 pada sketch yang kita buat dengan cara klik icon Constraint lalu beri dimensi pada garis horizontal maupun vertikalnya.





  6. Klik Exit workbench untuk keluar dari area Sketcher Workbench.


  7. Mari mulai masuk ke menu "Drafted Filleted Pad", klik icon-nya di toolbar "Sketcher-Based Feature" lalu klik pada sketch yang kita buat tadi.



  8. Masuk ke jendela "Drafted Filleted Pad Definition" kita akan langsung ditanya option Second Limit yang merupakan face dimana feature drafted filleted pad ini berdiri. Klik pada face dimana sketch tadi diorientasikan.


  9. Isikan semua options yang ada seperti screenshoot dibawah ini. Seperti 50 pada First Limit, 10 pada Draft, dan 10 pada semua Fillets (Lateral radius, First limit radius, dan Second limit radius). Setelahnya klik [OK].


  10. Yup jadi deh, terakhir save pekerjaan melalui menu [File]>[Save].


Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment