Sunday, October 9, 2011

Menggunakan Feature Rib di Catia V5R20



Feature "Rib" pada Catia V5R20 berfungsi untuk membuat bentukan part yang berasal dari sebuah profile sketch yang diproyeksikan terhadap sketch lain. Misalnya kita ingin membuat selang/pipa panjang berlekuk, kita tinggal membuat sketch bulatan sederhana beserta proyeksi/arah/jalur memanjangnya lalu gunakanlah feature "Rib" ini untuk menggenerate bentukannya. Berikut sedikit tutorialnya:
  1. Buka Catia, buat file baru di modul Part Design dengan nama Rib.



  2. Buat sketch profil bentukan dari pipa yang akan kita buat, klik icon Sketch lalu pilih plane YZ sebagai orientasinya.



  3. Masuk ke area Sketching Workbench, klik icon Circle yang terletak di toolbar "Profile" lalu buat dua lingkaran seperti yang terlihat di gambar.



  4. Beri dimensi diameter 20 pada lingkaran luar dan diameter 15 pada lingkaran dalam dengan menggunakan tool Constraint yang terletak di toolbar "Constraint".



  5. Setelahnya klik icon Exit workbench untuk keluar dari area Sketching Workbench.


  6. Kembali ke menu Part Design, kita akan membuat sketch jalur pipa (sketch proyeksi yang akan digunakan untuk memproyeksikan sketch profil pipa). Klik icon Sketch lalu klik plane XY sebagai sketch orientation-nya.



  7. Buat sketch garis pertama, klik icon Profile lalu buat garis seperti di gambar.



  8. Buat sketch garis kedua, klik icon Spline lalu buat garis spline seperti di gambar.



  9. Beri ukuran, klik icon Constraint lalu beri ukuran dengan angka seperti yang terlihat di gambar.



  10. Setelahnya, klik icon Exit workbench untuk keluar dari mode sketching.


  11. Mari kita langsung bikin bentukan 3D dengan feature "Rib", klik icon Rib yang terletak di toolbar "Sketch-Based Features".


  12. Muncul jendela "Rib Definition", klik sketch profil bentukan pipa (sketch pertama) untuk mengisi kolom Profile, klik sketch proyeksi jalur pipa (sketch kedua) untuk mengisi kolom Center curve, pilih item Keep angle pada kolom Profile control lalu terakhir klik OK untuk menggenerate konfigurasinya.


  13. Nah jadi deh pipa yang kita buat dengan memanfaatkan feature "Rib" pada Catia. Tekan kombinasi tombol [Ctrl]+[S] untuk menyimpan filenya.




Selamat mencoba.

3 comments:

  1. Mas ada tutorialnya gak buat catia v6...
    saya mau belajar otodidak... soalnya ada hubungannya sama mata kuliah saya pengembangan produk (teknik industri)
    makasih mas... kalo ada kasih tau saya ya mas... tolong bgt... argawana33@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. Catia V6 ya? Kenapa gak pake yang V5 saja? Soal penggunaan softwarenya mungkin 11-12 dengan Catia V5, itu menurut saya.

    ReplyDelete
  3. mas, program ini bisa animasi gerak juga g ?
    terimakasih
    kalo bisa, tolong tutorialnya dong,,,terimksih

    ReplyDelete