Friday, October 7, 2011

Membuat Lubang Ulir/Thread di Catia V5R20


Lubang Thread/ulir adalah salah satu jenis konstruksi mesin yang berguna untuk menyambung (assembly) 2 atau lebih komponen hingga nantinya menjadi satu kesatuan. Di Catia V5R20, fungsi membuat lubang ulir ini disatukan ke dalam fungsi Hole. Berikut tutorialnya:
  1. Download file Thread.CATPart disini.
  2. Buka file hasil downloadan tersebut lalu buka di Catia. Pastikan kita sedang bekerja di modul Part Design dengan mengeceknya lewat menu [Start]>[Mechanical Design]>[Part Design].



  3. Klik icon Hole yang terletak pada toolbar "Sketch-Based Feature" lalu klik face atas dari benda 3D pada layar.



  4. Keluar jendela "Hole Definition", klik icon Positioning Sketch untuk mengkonfigurasi peletakan hole tersebut pada face 3D yang ada.


  5. Masuk ke mode Sketcher Workbench, klik icon Constraint yang terletak di toolbar "Constraint" lalu beri ukuran pada point yang ada seperti yang terlihat di gambar.


  6. Setelahnya, klik icon Exit workbench untuk keluar dari Sketcher Workbench.


  7. Kembali ke jendela "Hole Definition", pada tab Extension pilih item Up To Last karena kita akan membuat ulir tembus.


  8. Pindah ke tab Thread Definition, beri tanda cek pada item Threaded, pilih Support Depth pada bagian Bottom Type, Metric Thin Pitch pada Thread Definition Type, M20x1,5 pada Thread Description, Right-Threaded pada jenis ulirnya, lalu klik tombol [OK] untuk mengkonfirmasi settingannya menjadi sebuah lubang ulir.


  9. So, jadi deh bentukan lubang ulir/thread yang kita inginkan.


Pada tampilan 3D Catia secara default memang lubang ulir terlihat tidak berbeda dengan lubang biasa. Namun kita bisa mengeceknya lewat modul Drafting yang terletak di menu [Start]>[Mechanical Design]>[Drafting].

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment