Monday, October 10, 2011

Menggunakan Feature Revolve di Unigraphics NX 7.5



Feature "Revolve" di software 3D CAD Unigraphics NX 7.5 berfungsi untuk membuat part-part 3D yang berbentuk dasar silinder (memiliki garis sumbu). Inti dari fungsi "Revolve" ini yaitu memutar sketch 2D yang ada terhadap suatu garis sumbu (axis) hingga terbentuk part 3D. Berikut tutorialnya:
  1. Buka NX, telusuri menu [File]>[New...], buat file baru dalam bentuk Modeling dengan nama Revolve.prt lalu klik [OK] setelahnya.



  2. 3D modelling workbench terbuka, klik menu Revolve yang terletak di toolbar sebelah kiri atas untuk langsung memulai proses pembuatan benda silinder.


  3. Jendela "Revolve" terbuka, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat sketch 2D yang merefleksikan bentukan benda 3D sebelum diputar. Klik icon Sketch Section,  pilih plane XY, lalu klik [OK] setelahnya.



  4. Masuk ke mode sketcher, klik icon Profile lalu buat sketch seperti terlihat di gambar.



  5. Mari beri dimensi, klik icon Inferred Dimensions lalu beri dimensi seperti terlihat di gambar.



  6. Jika proses pemberian dimensi telah selesai, klik icon Finish Sketch untuk keluar dari mode sketcher.


  7. Kembali ke jendela "Revolve", menu Specify Vector akan aktif, klik garis vertikal yang terletak di koordinat (0,0) sebagai vector-nya.


  8. Setelahnya, isikan nilai Start Angle "0", End Angle "360", dan Boolean "None" lalu klik tombol [OK] untuk menyudahinya.


  9. Yup jadi deh part hasil feature "Revolve" yang kita buat. Jika kita ingin melihat kontur dalamannya, pilih menu Static Wireframe yang terletak di kumpulan toolbar atas NX.




  10. Terakhir tekan kombinasi tombol Ctrl + S untuk menyimpan filenya di harddisk.

Selamat mencoba.

1 comment: