Monday, October 10, 2011

Menggunakan Feature Slot di Catia V5R20


Berkebalikan dengan feature "Rib" pada tutorial sebelumnya, feature "Slot" di Catia V5R20 berguna untuk membuat coakan pada part 3D dari sebuah sketch profil yang diproyeksikan terhadap sketch lain. Misal pada pembuatan jalur selokan di part 3D seperti yang terlihat pada tutorial kali ini. Berikut tutorialnya:
  1. Download file latihan Slot.CATPart disini, buka file tersebut dengan Catia, lalu pastikan kita sedang bekerja di modul Part Design dengan cara mengklik menu [Start]>[Mechanical Design]>[Part Design].



  2. Pertama di sini kita akan membuat sketch profil dari lubang selokannya, klik icon Sketch lalu pilih face Front View sebagai orientasi sketchnya.



  3. Masuk ke mode Sketcher Workbench, klik icon Circle untuk membuat sebuah lingkaran. Buat sketch seperti yang terlihat di gambar.



  4. Mari beri dimensi, klik icon Constraint lalu buat dimensi seperti yang terlihat digambar.



  5. Jika sudah selesai, klik icon Exit workbench untuk keluar dari mode sketching.


  6. Kembali ke mode Part Design, klik lagi icon Sketch karena kita akan membuat jalur/proyeksi dari sketch selokan yang kita buat tadi. Jangan lupa, klik face teratas (Top View) sebagai arah orientasi dari sketch yang akan kita buat.



  7. Masuk ke Sketcher Workbench lagi, klik icon Spline lalu buat profil spline seperti yang terlihat di gambar.



  8. Klik icon Exit workbench jika proses pembuatan spline tersebut telah dilakukan.


  9. Yup 2 sketch pendukung dalam pembuatan elemen "Slot" telah dibuat, klik icon Slot yang terletak di toolbar "Sketch-Based Features", klik sketch profil (sketch pertama) untuk mengisi kolom Profile, klik sketch jalur/proyeksi (sketch kedua) untuk mengisi kolom Center curve, biarkan kolom Profile control berisi item Keep angle lalu terakhir klik tombol [OK] untuk membuat coakan slot plus menutup jendela "Slot Definition".




  10. Sim-salabim... jadi deh coakan "Slot" yang kita buat. Untuk menyimpan perubahannya klik [File]>[Save].



Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment