Wednesday, September 21, 2011

Menggunakan Fungsi Drafted Filleted Pocket di Catia V5R20


"Drafted Filleted Pocket" adalah salah satu feature di Catia yang berfungsi untuk membuang bentukan 3D yang tidak diinginkan sekaligus memberi draft dan fillet pada hasil potongannya. Jadi, bila ditelusuri melalui hieraki Tree, feature "Drafted Filleted Pocket" merupakan kombinasi dari feature "Pocket", "Draft Angle", dan "Edge Fillet". Berikut tutorialnya:
  1. Download file latihan Drafted Filleted Pocket.CATPart disini.
  2. Buka Catia, buka file hasil download-an tersebut, lalu pastikan kita sedang bekerja di modul Part Design melalui menu [Start]>[Mechanical Design]>[Part Design].



  3. Setelah terbuka, terlebih dahulu kita akan membuat sketch di face atas dari benda tersebut, klik icon Sketch lalu klik face atas dari benda 3D yang ada di layar untuk masuk ke mode Sketcher Workbench.



  4. Setelah masuk ke area Sketcher Workbench, klik icon Rectangle yang berada di toolbar "Profile", klik pusat koordinat (0,0) lalu klik di area kanan atas hingga melebihi area part 3D.




  5. Beri dimensi, klik icon Constraint, klik salah satu garis horizontal dan vertikal lalu beri dimensi masing-masing 60x60.



  6. Setelah memberi dimensi pada sketch-nya, klik Exit workbench untuk keluar dari mode Sketcher Workbench.


  7. Setelah kembali ke mode Part Design, klik icon Drafted Filleted Pocket yang terletak di toolbar "Sketch-Based Features" lalu klik sketch yang barusan kita buat.



  8. Muncul jendela "Drafted Filleted Pocket Definition" kita akan langsung ditanya dimana Second Limit-nya, klik saja face atas dari bentukan 3D yang ada lalu isikan parameter-parameter yang diminta seperti 40 pada kolom First Limit Depth, 10 pada kolom Draft Angle, dan 10 pada kolom Lateral radius, First limit radius, dan Second limit radius. Setelahnya klik [OK].



  9. Nah jadi deh benda 3D-nya yang telah kita beri feature "Drafted Filleted Pocket".


Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment