Tuesday, September 20, 2011

Menggunakan Fungsi Pocket di Catia V5R20


Feature "Pocket" pada Catia berfungsi untuk membuang bentukan 3D yang tidak kita inginkan. Layaknya seperti membuat kolam, "Pocket" itulah seperti menggali kolam. Berikut tutorialnya:
  1. Download file latihan Pocket.CATPart disini.
  2. Buka Catia, buka file yang tadi di-download melalui menu [File]>[Open...], lalu pastikan kita sedang bekerja di modul Part Design melalui menu [Start]>[Mechanical Design]>[Part Design].



  3. Klik icon Pocket yang terletak di toolbar "Sketch-Based Features", klik icon Sketch ketika jendela "Pocket Definition" terbuka lalu klik surface teratas dari balok 3D yang ada untuk masuk ke menu Sketcher Workbench.




  4. Setelah masuk ke menu Sketcher Workbench, klik icon Centered Rectangle untuk membuat sketch persegi panjang yang dimulai dari titik tengah.


  5. Klik titik (0,0) lalu klik lagi disekitar atas kanan titik (0,0) untuk men-generate sketch persegi panjang.



  6. Langkah selanjutnya beri dimensi 50x50 pada sketch persegi panjang tersebut. Klik icon Constraint, klik salah satu garis horizontal, klik di area luar persegi panjang, double-click angka yang muncul lalu rubah dimensinya menjadi 50. Lakukan juga hal tersebut terhadap salah satu garis vertikal yang ada untuk menjadikan ukurannya 50x50.






  7. Setelah memberi dimensi, klik icon Exit workbench untuk keluar dari mode Sketcher Workbench.


  8. Kembali ke mode Part Design kita akan langsung dihadapkan dengan jendela "Pocket Definition", isikan kolom Depth dengan angka 20 lalu klik [OK].


  9. Nah jadi deh kolam yang kita buat dengan feature "Pocket".

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment