Monday, September 26, 2011

Tutorial Penggunaan Feature Shaft di Catia V5R20


Feature "Shaft" pada Catia berguna untuk membuat benda-benda 3D yang memiliki sumbu putar seperti shaft, roda, tabung, kerucut, dan lain sebagainya. Tidak seperti feature sebelumnya seperti Pad, Drafted Filleted Pad, Multi-Pad, Pocket, Drafted Filleted Pocket, dan Multi-Pocket yang memerlukan suatu direction atau arah pengekstrakan, feature "Shaft" dalam pembuatannya membutuhkan suatu axis/sumbu putar. Berikut tutorial penggunaan feature-nya:
  1. Buka Catia, pilih [Start]>[Part Design] atau [Start]>[Mechanical Design]>[Part Design], buat part baru dengan nama Shaft lalu klik [OK].



  2. Part Design Workbench terbuka, klik icon Shaft yang terletak di antara toolbar "Sketch-Based Feature", klik icon Sketch yang ada pada jendela "Shaft Definition" lalu klik Plane YZ untuk orientasi sketch-nya.




  3. Masuk ke Sketcher Workbench, klik icon Rectangle karena kita ingin membuat bentukan silinder hollow lalu buat sketch seperti terlihat di gambar.



  4. Beri dimensi, klik icon Constraint yang terletak di toolbar "Constraint" lalu buat dimensi seperti terlihat di gambar.



  5. Setelah proses pemberian dimensi kelar, klik icon Exit workbench untuk keluar dari area Sketcher Workbench.


  6. Kembali ke jendela "Shaft Definition", klik axis Z untuk mengisi kolom Axis Selection.


  7. Beri inputan 360 pada kolom Limits First angle dan 0 pada Limits Second angle lalu klik [OK] untuk men-generate bentukan shaft-nya.


  8. Nah jadi deh bentukan silinder hollow yang kita buat dengan penggunaan feature "Shaft". Tekan tombol Ctrl+S pada keyboard untuk menyimpan file-nya.


Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment