Monday, September 26, 2011

Tutorial Penggunaan Groove di Catia V5R20


Layaknya "Pocket", "Groove" pada Catia berfungsi untuk menghilangkan bentukan 3D yang tidak kita inginkan. Bedanya, ketika "Pocket" membutuhkan suatu direction pemakanan, "Groove" membutuhkan suatu axis yang akan dijadikan sebagai sebuah sumbu putar. Berikut tutorial penggunaan feature-nya:
  1. Download file latihan Groove.CATPart disini.
  2. Buka Catia, buka file hasil download tadi lalu pastikan kita sedang bekerja di mode Part Design dengan mengklik menu [Start]>[Mechanical Design]>[Part Design].



  3. Masuk ke area Part Design Workbench, klik icon Sketch lalu pilih plane YZ sebagai orientasi sketchingnya. Disini kita akan membuat sketch untuk kebutuhan feature "Groove".



  4. Klik icon Rectangle lalu buat sketch seperti terlihat di gambar.



  5. Mari beri dimensi, klik icon Constraint yang terletak di toolbar "Constraint" lalu buatlah ukuran seperti terlihat di gambar.



  6. Setelah proses pemberian dimensi kelar, klik icon Exit workbench untuk keluar dari area Sketching Workbench.


  7. Mulai masuk ke menu "Groove", klik icon Groove yang terletak di toolbar "Sketch-Based Feature" lalu klik sketch yang kita buat tadi lalu klik axis benda sebagai sumbu putarnya.




  8. Setelah axis benda diklik, masukkan angka 75 pada option Limits First Angle dan  Second Angle lalu klik tombol [OK] untuk mengkonfirmasi inputannya.


  9. Siip, jadi deh feature "Groove" di benda 3D yang kita punya. Klik [File]>[Save] untuk menyimpan perubahannya.



Terima kasih.

No comments:

Post a Comment