Wednesday, February 29, 2012

Convert File DWG Kedalam Beberapa Versi

AutoCAD 2012 memiliki sebuah tool bernama DWG Convert yang dapat mengkonversikan file DWG AutoCAD ke dalam beberapa versi seperti versi R14, 2000, 2004, 2007, dan 2010. Proses konversinya dapat dilakukan pada single file maupun multiple file sehingga tool ini sangat berguna sekali untuk proses batch conversion file lama ke dalam versi yang terbaru.

Untuk mengakses tool DWG Convert, pergi ke [Menu aplikasi atau tombol berbentuk icon AutoCAD]>[Save As]>[DWG Convert]. Di DWG Convert dialogue box, kita dapat memasukkan file-file DWG yang akan di convert lalu mengkonversikannya ke dalam versi file terbaru ataupun versi yang lebih lama.


Menu Conversion Setups berguna untuk melakukan pengaturan pada tipe konversi seperti file format dan path options. Di menu ini juga kita dapat menentukan jenis packaging yang akan diterapkan pada file yang telah dikonversi seperti file zip, exe, dan in-place (overwrite). Selain itu, di sini juga terdapat opsi additional seperti mengincludekan purge drawing, replace page setups, dan Check and fix errors.


Terakhir, kita dapat menyimpan segala pengaturan yang telah dilakukan sehingga kita dapat dengan mudah mengkonversi file-file selanjutnya dengan tipe dan pengaturan yang sama.

Selamat mencoba.

1 comment: