Wednesday, February 29, 2012

Trik Object Snap di AutoCAD

Dalam beberapa kasus, tidak semua geometri dapat dengan mudah dibuat di aplikasi AutoCAD. Hal ini tentu berkaitan dengan keterbatasan pengerahuan kita terhadap metode pengerjaan di AutoCAD yang benar.

Misal, disini kita akan mencoba membuat sebuah garis yang dimulai dari titik center dari sebuah lingkaran, paralel terhadap sebuah garis, serta memiliki panjang 5 inch. Berikut tips dan triknya:
  1. Ketik perintah line lalu klik pertama pada titik center dari lingkaran yang ada.
  2. Setelah mengklik pada center dari lingkaran tersebut, disinilah triknya akan dimulai. Ketika dalam proses pembuatan garis tersebut, tekan-tahan tombol SHIFT lalu klik kanan pada mouse hingga muncul sebuah jendela pop-up. Kliklah menu Parallel pada menu pop-up tersebut.


  3. Setelahnya, arahkan mouse pada garis refrensi parallel-nya, tapi jangan di klik, hanya arahkan mouse pada garis refrensi tersebut hingga garis Object Snap Marker muncul.


  4. Setelah garis Object Snap Marker muncul, kembali kita arahkan garis yang akan kita buat secara lurus. Kini kita dapat melihat bahwa garis Object Snap Marker muncul akan terus menuntun kita dalam membuat garis yang parallel terhadap garis refrensi yang ada.


  5. Nah sekarang, kita dapat memasukkan panjang garis yang akan kita buat. Misal disini kita masukkan angka 5 inch.


  6. Finish.
Selamat mencoba :).

1 comment:

  1. Trick yang sangat bagus dan membantu. Dengan trick tersebut pengerjaan gambar di AutoCAD bisa semakin cepat dan akurat.
    Trima kasih

    ReplyDelete