Thursday, September 15, 2011

Mengcustomize Peletakan Modul Pada Start Menu Catia V5R20

Sebelum dicustomize

Aplikasi Catia memiliki banyak modul yang masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri. Misal modul Part Design yang sangat berguna dalam proses pendesignan bentuk solid yang tidak terlalu rumit, modul Generative Shape Design untuk membangun surface, modul Assembly Design untuk membuat part assy, modul Drafting untuk membuat gambar 2D, dan lain sebagainya.


Peletakan modul-modul ini sudah dikelompokkan dalam aplikasi Catia, misal modul Part Design, Assembly Design, dan Drafting masuk dalam kelompok Mechanical Design, sedangkan modul Generative Shape Design masuk ke dalam kelompok Shape. Namun, bila kita mau, peletakkan modul-modul ini dapat kita customize sendiri. Misal kita sering bekerja bolak-balik, masuk modul sana keluar modul sini, mungkin akan lebih efektif bisa modul-modul yang sering digunakan diletakkan di bagian depan start menu sehingga kita akan lebih mudah dalam mengaksesnya.


 

Proses customizing peletakan modul-modul ini dapat kita lakukan melalui menu [Tools]>[Customize...] lalu masuk ke tab Start Menu. Pada kotak Available, pilih modul-modul yang sering kita gunakan (misal modul Part Design, Generative Shape Design, Assembly Design, dan Drafting) lalu klik tanda panah atas yang mengarah ke kanan layar agar modul-modul ini masuk ke dalam kotak Favorites. Setelahnya, lalu klik [Close].

Setelah dicustomize

Nah, coba lihat di menu Start. Modul-modul yang tadi kita pindahkan ke dalam kotak Favorites akan muncul di Start paling atas sehingga kita akan lebih mudah dalam mengaksesnya.

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment