Tuesday, September 13, 2011

Bagaimana Cara Navigasi Mouse Pada Catia


Banyak orang yang mengakui bahwa sistem navigasi mouse pada Catia itu "lain dari yang lain". Betapa tidak, untuk me-rotate part yang sudah kita design saja harus menggunakan 2 kombinasi tombol mouse. Berbeda dengan software-software lain sebutlah misalnya Solidworks, Pro/ENGINEER, Creo, ataupun Unigraphics NX yang cukup dengan 1 kali tekan tahan tombol mouse tengah maka part yang kita buat akan ter-rotate/berputar sesuai dengan yang kita inginkan.

Berikut TutorialCAD.Net akan menyajikan bagaimana caranya men-select, men-pan/drag, me-rotate, men-zoom dan men-fokus-kan part yang kita design. Check it out!
  • Men-Select bagian yang kita kehendaki : Dilakukan dengan cara meng-klik tombol mouse MB1 sambil menunjuk pada bagian yang akan kita select.
  • Men-Pan/Drag : Dilakukan dengan cara meng-klik-tahan tombol mouse MB2 lalu drag ke arah manapun sesuai dengan keinginan anda.
  • Me-Rotate : Dilakukan dengan cara meng-klik-tahan tombol MB2 lalu setelahnya klik-tahan tombol MB3. Terakhir drag/geser mouse hingga bagian yang kita kehendaki terlihat.
  • Men-Zoom : Dilakukan dengan cara meng-klik-tahan tombol MB2 lalu setelahnya klik-lepas tombol MB3. Terakhir drag/geser mouse hingga bagian yang kita fokuskan menjadi diperbesar/diperkecil.
  • Men-Fokus-Kan detail part : Dilakukan dengan cara meng-klik-lepas tombol MB2 pada bagian yang hendak kita fokuskan pandangannya.
Ya itulah caranya bagaimana menavigasikan mouse pada software Catia ini. Sebagai tambahan, perlu anda ketahui bahwa fungsi tombol MB3 diatas juga dapat digantikan dengan menekan tombol MB1. Misalnya untuk Me-Rotate dapat dilakukan dengan cara meng-klik-tahan tombol MB2 lalu setelahnya klik-tahan tombol MB1, terakhir drag/geser mouse hingga bagian yang kita kehendaki terlihat.

No comments:

Post a Comment